Kamis, 06 November 2014

RANCANGAN KONSEP PEMBANGUNAN E-BUSINESS

RANCANGAN KONSEP PEMBANGUNAN
 E-BUSSINES BAKSO SAMPURNA







DisusunOleh :
CHAIRUL IMRON
13.0101.0076
MANAJEMEN B

UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014

BAB I PENDAHULUAN

A.    LATAR BELAKANG
E-business telah menjadi trend yang mewarnai aktifitas bisnis baik di negara maju maupun berkembang. Konsep e-business berkembang karena kemajuan teknologi informasi dan e-business ini dianggap sebagai paradigma baru sebagai kunci sukses perusahaan di era informasi dan masa datang.
Saat ini dunia perdagangan tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu. Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan instan sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut maka kini muncul transaksi yang menggunakan media Internet untuk menghubungkan antara produsen dan konsumen. Transaksi melalui Internet ini lebih dikenal dengan nama E-Commerece dan E-Business. dengan adanya e-business dan internet, pelanggan dapat ikut berpartisipasi dalam proses pembuatan produk. Contohnya seorang penggemar buku yang dapat memilah-milah artikel atau bab-bab yang ingin dibelinya; atau seorang pecinta mobil yang ingin memperoleh mobil unik dengan suku cadang pilihannya; atau seorang programmer yang ingin membeli komputer dengan spesifikasi unggulannya; dan lain sebagainya.
Namun masih banyak yang belum memanfaatkan adanya e-business atau internet sebagai media promosi, missal usaha Bakso Sampurna yang berada di daerah Alun-alun Temanggung. Oleh karena itu, saya bermaksud untuk membuat sebuah media promosi untuk usaha tersebut.

B.     RUMUSAN MASALAH
1.      Apa saja infrastruktur yang dibutuhkan untuk membangun e-bussines ?
2.      Bagaimana cara merancangdesainweb ?
3.      Berapabiaya yang dibutuhkan untuk merancang desain web ?

C.    TUJUAN
Agar semakin banyak orang yang mengetahui usaha bakso sampurna yang ada di alun-alun Temanggung ,tidak hanya di daerah-daerah sekitar tetapi berbagai daerah di Indonesia. Sehingga dalam pemasaran tidak hanya dilakukan omongan dari mulut kemulut tetapi sudah memanfaatkan perkembangan internet.


BAB II PEMBAHASAN

A.    INFRASTRUKTUR YANG DIBUTUHKAN
1.      Hardware
a.       Computer
Dengan spesifikasi minimum yaitu pentium III atau lebih, RAM minimal 256 MB, hardisk minimal 20 GB, VGA card minimal 4 MB.
b.      Modem (Modulator Demodulator) : Alat yang digunakan untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui telefon, line kabel dan layanan dari penyedia jasa telekomunikasi lainnya.
c.       Router : digunakan untuk menghubunkan antara dua jaringan yang berbeda
d.      Kabel UTP : digunakan sebagai kabel jaringan LAN pada sistem jaringan komputer
e.       Konektor RJ 45 : digunakan dalam topologi jaringan komputer tipe lainnya.
f.       Switch hub : Alat yang digunakan untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan kejaringan tertentu.
g.      Ethernet card : Alat yang digunakan sebagai kartu antar muka jaringan transmisi data computer yang koneksi.
Tester  : Alat yang digunakan untuk mencoba apakah internet sudah terkoneksi dengan PC atau belum.

2.      Software
a.        LAN (Local Area Network) : suatu jenis jaringan komputer dengan mencangkup wilayah lokal.
b.       Adobe photoshop : sofware yang dibuat oleh perusahan adobe system, yang di khususkan untuk mengedit foto atau gamabar dan pembuatan efec.
c.        Adobe image ready : mirip dengan photo shop.
d.       Adobe illustrator : sebuah program perangkat lunak menggambar diciptakan oleh adobe systems yang menggunakan vektor.
e.        CorelDraw : sebuah software komputer yang melakukan pengelolahan dan editing  padagaris vector.
f.        System operasi.
g.       E_mail client.
h.       Instant massaging client.
i.         Pengendalianakses.
j.         Pengaman data.
k.       Pendeteksidanpengendalianataskesalahan.
l.         Pengiriman data dan file.

3.      Browser
Perangkat lunak yang digunakan untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang disediakan oleh layanan web seperti :
ü  Mozilla firefox :
ü  Google chrome
ü  Internet explorer
ü  Opera


B.     RANCANGAN DESAIN WEB



 Maksud membuat desaign web :

o    Efisiensi anggaran promosi dan Informasi.
o    Efektifitas dalam membangun strategi pemasaran serta mengenalkan produk.
o Memasyarakatkan penggunaan teknologi informasi secara kreatif dan konstruktif.



C.    RANCANGAN BIAYA
Rancangan biaya yang dibutuhkan untuk pembangunan e-bussines dalam perusahaan ini diantaranya :

NO
NAMA BARANG
UNIT
HARGA @
JUMLAH
1.
Seperangkat komputer
1
Rp 3.000.000
Rp 3.000.000
2.
Modem / LAN card
1
Rp 200.000
Rp 200.000
3.
Router
1
Rp 300.000
Rp 300.000
4.
Kabel UTP
1
Rp 45.000
Rp 45.000
5.
Konektor RJ 45
1
Rp 10.000
Rp 10.000
6.
Switch hub
1
Rp 150.000
Rp 150.000
7.
Ethernet card
1
Rp 100.000
Rp 100.000
8.
Tester
1
Rp 35.000
Rp 35.000
9.
Biaya akses internet
1 bulan
Rp 200.000
Rp 200.000
10.
Hosting
1 bulan
Rp 60.000
Rp 60.000
11.
Domain
1 tahun
Rp 75.000
Rp 75.000
12.
Bantuan uploading
500MB
Rp 50.000
Rp 50.000
13.
Privasi dan pengamanan
1 tahun
Rp 50.000
Rp 50.000
14.
Biaya pemasangan seluruh alat
1
Rp 300.000
Rp 300.000
JUMLAH
4.575.000,00
4.575.000,00

BAB III PENUTUP


A.    KESIMPULAN

Menggunakan atau menanfaatkan teknologi internet dalam pemasaran sebuah usaha bakso sampurna yang ada di Temanggung. Yang dulunya hanya lewat omongan dari mulut kemulut. Dalam merancang sebuah web ini juga menggunakan sarana infrastruktur seperti : hardware, software, dan browser sebagai pendukung pembangunan e-bussines.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar