RANCANGAN
KONSEP PEMBANGUNAN
E-BUSSINES BAKSO SAMPURNA
DisusunOleh :
CHAIRUL IMRON
13.0101.0076
MANAJEMEN B
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014
BAB I PENDAHULUAN
A. LATAR BELAKANG
E-business telah
menjadi trend yang mewarnai aktifitas bisnis baik di negara maju maupun
berkembang. Konsep e-business berkembang karena kemajuan teknologi informasi
dan e-business ini dianggap sebagai paradigma baru sebagai kunci sukses
perusahaan di era informasi dan masa datang.
Saat ini dunia
perdagangan tidak lagi dibatasi dengan ruang dan waktu. Mobilitas manusia yang
tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang
dengan instan sesuai dengan permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah
tersebut maka kini muncul transaksi yang menggunakan media Internet untuk
menghubungkan antara produsen dan konsumen. Transaksi melalui Internet ini
lebih dikenal dengan nama E-Commerece dan E-Business. dengan adanya e-business dan
internet, pelanggan dapat ikut berpartisipasi dalam proses pembuatan produk. Contohnya
seorang penggemar buku yang dapat memilah-milah artikel atau bab-bab yang ingin
dibelinya; atau seorang pecinta mobil yang ingin memperoleh mobil unik dengan
suku cadang pilihannya; atau seorang programmer yang ingin membeli komputer
dengan spesifikasi unggulannya; dan lain sebagainya.
Namun masih banyak yang belum
memanfaatkan adanya e-business atau internet sebagai media promosi, missal
usaha Bakso Sampurna yang berada di daerah Alun-alun Temanggung. Oleh karena
itu, saya bermaksud untuk membuat sebuah media promosi untuk usaha tersebut.
B. RUMUSAN MASALAH
1. Apa saja infrastruktur yang dibutuhkan untuk membangun
e-bussines ?
2. Bagaimana cara merancangdesainweb ?
3. Berapabiaya yang dibutuhkan untuk merancang desain web
?
C. TUJUAN
Agar semakin banyak orang yang
mengetahui usaha bakso sampurna yang ada di alun-alun Temanggung ,tidak hanya
di daerah-daerah sekitar tetapi berbagai daerah di Indonesia. Sehingga dalam
pemasaran tidak hanya dilakukan omongan dari mulut kemulut tetapi sudah
memanfaatkan perkembangan internet.
BAB II PEMBAHASAN
A. INFRASTRUKTUR YANG DIBUTUHKAN
1. Hardware
a. Computer
Dengan
spesifikasi minimum yaitu pentium III atau lebih, RAM minimal 256 MB, hardisk
minimal 20 GB, VGA card minimal 4 MB.
b. Modem (Modulator Demodulator) : Alat yang digunakan
untuk menghubungkan komputer dengan internet melalui telefon, line kabel dan
layanan dari penyedia jasa telekomunikasi lainnya.
c. Router : digunakan untuk menghubunkan antara dua
jaringan yang berbeda
d. Kabel UTP : digunakan sebagai kabel jaringan LAN
pada sistem jaringan komputer
e. Konektor RJ 45 : digunakan dalam topologi jaringan
komputer tipe lainnya.
f. Switch hub : Alat yang digunakan untuk
menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan kejaringan
tertentu.
g. Ethernet card : Alat yang digunakan sebagai kartu
antar muka jaringan transmisi data computer yang koneksi.
Tester
: Alat yang digunakan untuk mencoba apakah internet sudah terkoneksi dengan PC
atau belum.
2. Software
a. LAN (Local Area Network) : suatu
jenis jaringan komputer dengan mencangkup wilayah lokal.
b. Adobe photoshop : sofware yang dibuat oleh perusahan
adobe system, yang di khususkan untuk mengedit foto atau gamabar dan pembuatan
efec.
c. Adobe image ready : mirip dengan
photo shop.
d. Adobe illustrator : sebuah program perangkat lunak
menggambar diciptakan oleh adobe systems yang menggunakan vektor.
e. CorelDraw : sebuah software
komputer yang melakukan pengelolahan dan editing padagaris vector.
f. System operasi.
g. E_mail client.
h. Instant massaging client.
i. Pengendalianakses.
j. Pengaman data.
k. Pendeteksidanpengendalianataskesalahan.
l. Pengiriman data dan file.
3. Browser
Perangkat lunak yang digunakan
untuk menampilkan dan melakukan interaksi dengan dokumen-dokumen yang
disediakan oleh layanan web seperti :
ü Mozilla firefox :
ü Google chrome
ü Internet explorer
ü Opera
B. RANCANGAN DESAIN WEB
Maksud membuat desaign web :
o Efisiensi
anggaran promosi dan Informasi.
o Efektifitas
dalam membangun strategi pemasaran serta mengenalkan produk.
o Memasyarakatkan penggunaan
teknologi informasi secara kreatif dan konstruktif.
C. RANCANGAN BIAYA
Rancangan biaya yang dibutuhkan
untuk pembangunan e-bussines dalam perusahaan ini diantaranya :
NO
|
NAMA BARANG
|
UNIT
|
HARGA @
|
JUMLAH
|
1.
|
Seperangkat komputer
|
1
|
Rp 3.000.000
|
Rp 3.000.000
|
2.
|
Modem / LAN card
|
1
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000
|
3.
|
Router
|
1
|
Rp 300.000
|
Rp 300.000
|
4.
|
Kabel UTP
|
1
|
Rp 45.000
|
Rp 45.000
|
5.
|
Konektor RJ 45
|
1
|
Rp 10.000
|
Rp 10.000
|
6.
|
Switch hub
|
1
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
7.
|
Ethernet card
|
1
|
Rp 100.000
|
Rp 100.000
|
8.
|
Tester
|
1
|
Rp 35.000
|
Rp 35.000
|
9.
|
Biaya akses internet
|
1 bulan
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000
|
10.
|
Hosting
|
1 bulan
|
Rp 60.000
|
Rp 60.000
|
11.
|
Domain
|
1 tahun
|
Rp 75.000
|
Rp 75.000
|
12.
|
Bantuan uploading
|
500MB
|
Rp 50.000
|
Rp 50.000
|
13.
|
Privasi dan pengamanan
|
1 tahun
|
Rp 50.000
|
Rp 50.000
|
14.
|
Biaya pemasangan seluruh
alat
|
1
|
Rp 300.000
|
Rp 300.000
|
JUMLAH
|
4.575.000,00
|
4.575.000,00
|
BAB III PENUTUP
A. KESIMPULAN
Menggunakan atau menanfaatkan
teknologi internet dalam pemasaran sebuah usaha bakso sampurna yang ada di
Temanggung. Yang dulunya hanya lewat omongan dari mulut kemulut. Dalam
merancang sebuah web ini juga menggunakan sarana infrastruktur seperti :
hardware, software, dan browser sebagai pendukung pembangunan e-bussines.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar